Minggu, November 13, 2011

Jawaban UTS mata kuliah Technopreneur

Berikut ini jawaban dari UTS technopreneur yang saya buat.
Nama: Ranee Elisa I
NRP: 7410030861
Semoga dapat diterima dengan baik.
Terima kasih

1. usaha yang sangat pertama bagi saya adalah pengalaman di saat sekolah dasar bersama teman-teman, pertama hanya sekedar hobi dan memenuhi kebutuhan sendiri dalam hal filatelli dan korespondensi. Tetapi banyak teman yang merasa tertarik dan akhirnya menjadi usaha saya dan seorang teman saya. Itu pertama kali saya mendapatkan sesuatu dari hasil kerja saya sendiri. Kemudian pada saat SMK saya melakukan magang di bank BTN, disana saya belajar praktek kerja sesuai jurusan saya teknik komputer dan jaringan. Saya danteman-teman saya belajar dan menambah ilmu di BTN ini. Setelah lulus SMK yang memakan waktu 3,5tahun, saya bekerja di PT. Totoisan atau lebih terkenal Yamaha YES cabang krian di posisi adminstrasi kasir. Disini saya belajar banyak tentang mengatur keuangan dan penjualan motor yang pasti butuh ketelitian dan kecermatan lebih. Sembari itu saya juga belajar membuka usaha pemesanan buku islami, baik itu Al-quran maupun bacaan bebas dan buku pelajaran. Tapi karena kurangnya pemasaran, agak sulit bagi saya untuk mengembangkannya. Saya juga membantu orang tua memasarkan tas buatan saudara saya untuk menambah uang saku saya sendiri.

2. Bidang yang sangat saya sukai adalah sastra. Bagi saya komunikasi antar manusia sangat dibutuhkan untuk dapat mewujudkan apa yang kita inginkan, sehingga bahasa adalah kunci utama dalam berkomunikasi. Bagi seorang penulis, berbicara dengan tulisan adalah hal yang penting. Dengan buku kita dapat merubah dunia, dan buku bukanlah barang mati yang hanya sekali pakai, namun akan selalu berguna dan dibutuhkan. Bidang yang kedua adalah kuliner, mungkin karena hobi saya yang suka makan dan eksperimen dengan beberapa masakan, saya sangat mencintai semua tentang makanan. Bagi saya makanan adalah hal penting dan eksotis, maka saya akan sangat senang apabila bisa membuat bisnis di bidang ini seperti membuat bakery shop, karena makanan adalah hal yang pasti dibutuhkan semua orang. Bidang yang saya gemari ke-3 adalah bidang IT terutama multimedia dan broadcasting. Bagi saya menciptakan sesuatu yang bisa menghibur dan dikenang orang adalah hal yang membanggakan. Takkan ada habis cerita tentang perkembangan broadcasting karena pasti banyak inovasi-inovasi yang baru dan memacu kretifitas seseorang.

3. Rancangan bisnis yang insyaallah saya ingin jalankan adalah bisnis aksesoris dengan teman-teman saya. Rencana ini sebenarnya sudah ada sejak lama, namun karena terbentur dengan kegiatan masing-masing sehingga terhalang sekarang. Budget yang digunakan adalah saham bersama dan sistem bagi untung, kami membagi tugas untuk masing-masing orang agar memudahkan dan selalu berasaskan kepercayaan dan kebersamaan. Kami juga sudah mensurvey tempat-tempat yang sekiranya berhubungan dan membantu kelancaran bisnis kami nantinya. Kami ingin membuat sebuah toko aksesoris dan kalau bisa fashion juga yang tak ada matinya karena selalu uptodate. Kalau bisa juga membuka cabang dimana-mana jadi seperti freelance yang bisa membantu seluruh orang yang ingin membuka usaha yang sama. Semoga niatan baik saya dan teman-teman segera bisa terealisasikan. Amin..

0 komentar: