Selasa, Desember 29, 2009

URL dan URI

Teman.. see you kembali [basa pah ittu?!?] hhehe. Abis jalan-jalan ke daerah DTE dan DCE sekarang saya ke daerah URL dan URI. Sesuai dengan indera saya, yang lebih umum adalah istilah URL atau yang biasa kita sebut alamat web atau situs yang kita kunjungi.

URL singkatan dari Uniform Resource Locator (diterjemahkan: Pelokasi Sumber Daya Seragam), adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber - seperti dokumen dan gambar - di Internet. Tapi bener gak sich dengan presepsi kita itu?? Gimana sich ceritanya tentang URL?! dan apa itu URI?! [temen, sodara, atau pacarnya?! hahha ngaco abiz]. Yuuk marii belajar ....

First, akronim dari URL adalah Uniform Resource Locator adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber - seperti dokumen dan gambar - di Internet. URL merupakan suatu inovasi dasar bagi perkembangan sejarah Internet. URL pertama kali diciptakan oleh Tim Berners-Lee[rujukan?] pada tahun 1991 agar penulis-penulis dokumen dokumen dapat merujuk pranala ke Jejaring Jagat Jembar atau World Wide Web.
URL memiliki beberapa bagian. Bagian pertama dari alamat ini disebut sebagai pengenal protokol dan protokol untuk menunjukkan apa yang digunakan, dan bagian kedua disebut nama sumber dan menetapkan alamat IP atau nama domain di mana sumber daya berada. Pengenal protokol dan nama sumber daya dipisahkan oleh titik dua dan dua garis miring ke depan.
Sebagai contoh, kedua URL di bawah ini menunjukkan dua file berbeda domain pcwebopedia.com. Pertama menentukan file eksekusi yang harus diambil dengan menggunakan protokol FTP, yang kedua menetapkan halaman Web yang harus diambil dengan menggunakan protokol HTTP:
# Ftp://www.pcwebopedia.com/stuff.exe
# Http://www.pcwebopedia.com/index.html

Than, akronim dari URI adalah Uniform Resource Identifier. istilah generik untuk semua jenis nama dan alamat yang merujuk kepada benda-benda di World Wide Web. sebuah string dari karakter yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah nama atau sumber di Internet. Memungkinkan identifikasi seperti interaksi dengan representasi sumber daya melalui jaringan (biasanya di World Wide Web) spesifik menggunakan protokol. Skema yang menetapkan beton sintaks dan terkait protokol mendefinisikan masing-masing URI.
Ilmuwan komputer dapat mengklasifikasikan sebuah URI terdiri dari sebagai pelacak (URL), atau nama (URN), atau keduanya. A Uniform Resource Name (URN) fungsi seperti nama seseorang, sementara Uniform Resource Locator (URL) menyerupai orang jalan-address. Dengan kata lain: yang URN mendefinisikan item identitas, sementara URL yang menyediakan metode untuk menemukannya. Secara teknis URL dan URN ID berfungsi sebagai sumber daya, namun tidak dapat tepat mengkategorikan banyak skema sebagai salah satu atau yang lain: kami bisa memperlakukan semua URI sebagai nama, dan beberapa aspek mewujudkan skema kedua kategori - atau keduanya.

Sebagai contoh, URL http://www.wikipedia.org/ mengidentifikasi sumber daya (Wikipedia's home page) dan menyiratkan bahwa representasi dari sumber daya (seperti halaman rumah saat ini HTML kode, sebagai karakter dikodekan) dapat diperoleh melalui HTTP dari host dengan nama jaringan www.wikipedia.org. Uniform Resource Name (URN) adalah URI yang mengidentifikasi sumber daya namanya dalam suatu namespace. Satu dapat menggunakan URN untuk berbicara tentang sumber daya tanpa menyiratkan lokasinya atau bagaimana untuk mengaksesnya. Sebagai contoh, URN urn: isbn :0-395-36341-1 adalah URI yang menentukan sistem pengenal, yaitu International Standard Book Number (ISBN), serta referensi yang unik dalam sistem itu dan memungkinkan seseorang untuk berbicara tentang buku, tetapi tidak menunjukkan di mana dan bagaimana untuk memperoleh salinan yang sebenarnya itu.

Untuk sintax atau penulisan dari URI, bagiannya terdiri dari skema URI-nama (seperti "http", "ftp", "mailto" atau "file") diikuti dengan titik dua karakter, dan kemudian oleh sebuah skema-bagian tertentu. Spesifikasi yang mengatur skema menentukan sintaks dan semantik dari skema-bagian tertentu, meskipun URI sintaks tidak memaksa semua skema untuk mengikuti sintaks tertentu yang generik, antara lain, cadangan karakter tertentu untuk tujuan khusus (tanpa selalu mengidentifikasi tujuan). URI sintaks yang juga memberlakukan larangan tentang skema-bagian tertentu, dalam rangka untuk, misalnya, memberikan suatu tingkat konsistensi ketika bagian memiliki struktur hirarkis. Persen-encoding, yang sering disalahpahami [oleh siapa?] Aspek URI sintaks, dapat menambahkan informasi tambahan ke URI.

Sejak 1994, konsep URL telah dikembangkan menjadi istilah Uniform Resource Identifier (URI) yang lebih umum sifatnya. Walaupun demikian, istilah URL masih tetap digunakan secara luas.

Teman, itulah sedikit tentang URI dan URL. Setidaknya kita mengetahui apa itu URI dan URL. Jadi kalau ada yang tanya gak bakalan bingung [hehhe] Lain kali mari kita putar waktu dan belajar tentang sejarahnya. Uekkeh ...

-resha-

1 komentar:

Aan Aunurrofik mengatakan...

thx atas informasinya..
kebetulan pas lagi bingung nyari beda antara URL dan URI. hmm, ternyata fungsinya sama aja ya..
ok deh, sukses buat kamu ya.. :)